Information For Authors

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL RIAU BIOLOGIA

 

 


Naskah Jurnal Riau Biologia  dapat  ditulis  dalam  Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Setiap naskah yang masuk dalam Jurnal Riau Biologia akan ditelaah oleh Dewan Editor dan sekurang- kurangnya   dua   orang   mitra   bebestari   (peer- reviewer) yang identitasnya akan dirahasiakan. Dewan Editor berhak meminta penulis untuk memperbaikinya sebelum naskah dikirimkan kepada mitra bebestari.

 

 

PENGIRIMAN NASKAH

 

Format file naskah. Naskah  yang dikirimkan harus dalam format file Microsoft Word dan mencantumkan jenis artikel yang dikirimkan.

 

 

Cara pengiriman naskah. Naskah dapat dikirimkan melalui:

 

 

Surat  elektronik (e-mail)  yaitu mengirimkan langsung ke alamat e-mail editor:

riau.biologia@gmail.com

 

 

JENIS NASKAH

 

Artikel. Naskah yang menyajikan skema penelitian yang luas dan diskusi mendalam dari hasil temuan. Struktur artikel terdiri dari Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan. Panjang naskah maksimun 15 halaman ketikan spasi 1,5 (termasuk gambar dan tabel).

 

Komunikasi singkat (Catatan hasil penelitiam, ulasan balik dan ulasan). Berdasarkan urgensi lingkup penelitian dan atau kedalaman diskusi. Struktur naskah ini terdiri dari Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan serta Daftar Pustaka). Panjang naskah maksimum 12 halaman.

 

FORMAT NASKAH

 

a.   Naskah  diketik  dengan  jenis  huruf  Times New Roman 10 pt, spasi 1,5 pada kertas berukuran A4. Batas tepi (margin) pada setiap sisi masing-masing 3 cm.

b. Nomor halaman ditempatkan pada bagian kanan atas.

c. Tabel  dan  gambar  harus  jelas  serta ditempatkan   pada   bagian   akhir   naskah

setelah daftar pustaka. Teks dan angka dalam gambar dan tabel menggunakan huruf Times New Roman 10 pt.


STRUKTUR ARTIKEL

 

1.  JUDUL (satu halaman terpisah)

2.  ABSTRAK   (termasuk   kata   kunci)   dalam bahasa Indonesia dan Inggris

3.  PENDAHULUAN

4.  BAHAN DAN METODE

5.  HASIL

6.  PEMBAHASAN

7.  KESIMPULAN

8.  UCAPAN TERIMA KASIH (apabila ada)

9.  DAFTAR PUSTAKA

10. Daftar Tabel (berserta judul tabel)

11. Daftar Gambar (beserta judul gambar)

12. Daftar Lampiran (apabila diperlukan)

 

 

Uraian Struktur Penulisan Artikel

 

JUDUL.  Halaman judul terdiri atas keterangan jenis   naskah,   judul   (bahasa   Indonesia   dan Inggris),   nama   penulis   dan   alamat   penulis, penulis korespondensi dan judul pelari.

Judul singkat dan jelas. Diketik dengan huruf kecil pada setiap kata dengan pengecualian kata pertama  dan  sesuai  kaidah  bahasa  yang digunakan. Nama latin dan istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring. Ukuran Font 14.

Nama lengkap penulis diberi tanda angka dan

dilengkapi   dengan    alamat    lengkap    penulis

meliputi  nama  instansi,  kota  dan  kode  pos.

Penulis korespondensi diberi tanda bintang (*) setelah nama penulis dan dilengkapi dengan nomor telepon/fax dan alamat e-mail. Ukuran Font 12 dengan ketentuan diketik dengan huruf besar.

 

ABSTRAK. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Panjang abstrak tidak lebih dari 250 kata yang dituangkan dalam satu alinea yang mengandung ringkasan dari latar belakang dan tujuan penelitian, metodologi, hasil atau dampak (ulasan) dan kesimpulan.

Kata kunci terdiri atas 3-5 kata atau gugus kata. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Nama latin atau istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring.

 

PENDAHULUAN. Bagian pendahuluan berisi latar belakang disertai pengacuan pada pustaka- pustaka  penting  terkait  dan  diakhiri  dengan alinea tujuan penelitian.

 

BAHAN DAN METODE. Bahan dan metode harus mencakup informasi mengenai tempat dan waktu penelitian, metode penelitian, dan analisis statistik yang digunakan.


Metode   yang   dilaksanakan   (termasuk   cara

penggunaan alat) dituliskan secara terperinci bila

belum   pernah   dipublikasikan.   Metode   atau

modifikasi metode yang sudah diterbitkan cukup dijelaskan prinsipnya disertai pustakanya. Spesifikasi  alat  dan  bahan  yang  digunakan

dituliskan  dengan  jelas  pada  saat  menjelaskan

metode penelitian.

 

HASIL dan PEMBAHASAN. Berisikan uraian dalam urutan logis tentang penelitian beserta data dalam bentuk gambar dan table, yang dilengkapi dengan pembahasan secara ilmiah dan komprehensif.

Format tabel dan grafik dibuat dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas). Mencantumkan skala pengukuran pada gambar berupa foto. Judul tabel (di atas tabel) dan judul gambar (di bawah gambar) diberi nomor sesuai urutan pengacuannya di dalam teks dan diawali dengan huruf besar selanjutnya huruf kecil dengan pengecualian sesuai kaidah bahasa yang berlaku.

 

KESIMPULAN. Memuat pernyataan singkat, padat, tegas dan pasti dari hasil penelitian.

 

UCAPAN TERIMA  KASIH.  Ucapan terima kasih disampaikan kepada institusi penyandang dana penelitian atau orang yang membantu pelaksanaan penelitian dana atau penulisan laporan.

 

DAFTAR  PUSTAKA. Penulisan sumber referensi mengikuti format sebagai berikut :

 

  1. A. Penulis Tunggal :
  • Arrahman (2000) menyatakan bahwa…..;
  • MenurutAbadi (2001)……..
  • …….menekankan pentingnya konservasi flora dan fauna (Jasman, 1998)
  • Apabila lebih dari satu referensi ditulis oleh pengarang yang sama dan terbit pada tahun yang sama maka diberi keterangan huruf setelah tahun : ….seperti yang dinyatakan oleh Barkman (2007a, b, c).

 

  1. B. Penulis lebih dari satu disusun menurut tahun:
  • Daryadi (1995) dan Haryono (2011) menyatakan bahwa…..
  • …… berdasarkan ketentuan yang berlaku (Zahidi (1999); Halimah (2012))

 

Di dalam daftar pustaka, nama pengarang diurutkan berdasarkan abjad darinama terakhir penulis pertama, sedangkan untuk penulisan penulis kedua dan seterusnya nama ditulis lengkap. Nama Jurnal di tulis lengkap.

 

Semua   publikasi   yang   disitasi   dalam   naskah   harus   dimasukkan   di   dalam   daftar pustaka.Penulisan referensi di dalam daftar pustaka mengikuti aturan berikut ini :

 

 

 

  1. A. BUKU :
  • Panchen,  AL.  1994.  Classification,  Evolution,  and  the  Nature  of  Biology.Press. Syndicate. Cambridge.
  • Solomon,   Eldra   P.,   Linda   R.   Berg   &   Diana   W.   Martin.   2006.   Biology. Brooks/Thompson Learning. Belmont.
  1. B. JURNAL :

Dharmadasa,  RM.,  PL.  Hettiarachchi,  GAS.  Premakumara.  2011.  Geographical Distribution and Conservation of a Rare Medicina Plant Munronia pinnata (Wall.) Theob. Meliaceae in Srilanka. Bangladesh Journal of Plant Taxonomy 18(1): 39-49

  1. C. PROSIDING :

Bergin, A, and D. Lawrence. 1993. Aboriginal and Torres Strait Islander Interests in the Great Barrier Reef Marine Park. In Proceeding turning the tide: Indigenous sea rights. Townville: Northern Territory University Law School

  1. D. WEBSITE :

Leung,    DH.    and    Tang,    W.    2000.    Functions    of    Baire    Class    One. http://www.arXiv:math.CA/0005013v1.[12 Nopember 200]

 

Untuk naskah yang tidak dipublikasikanhanya boleh dijadikan referensi apabila memang diperlukan dan tidak ada sumber lain yang dipublikasikan. Adapun formatnya adalah sebagai berikut :

Sofiyanti. 2012. Morfologi paku Polypodiaceae. Laporan yang tidak dipublikasikan.

 

Penulisan Nama Latin.Nama latin ditulis miring Elaeis guineensis. Nama lengkap dengan author harus disebut satu kali dibagian depan.

 

Tabel dan gambar. Bagian ini harus disebut didalam naskah dan diberi nomer (1, 2, 3). Untuk gambar dapat disimpan dalam file jpeg dengan ukurans ekitar 300 dpi. Apabila dalam satu plate terdiri dari beberapa gambar, maka diberi keterangan huruf (A, B, C).

 

Unit. Penulisan unit mengacu pada standard internasional, yaitu 5 cm" bukan "5cm", "10%" bukan "10 %", "n = 20" bukan "n=20", "13(2): 40-60" bukan "13(2):40-60".

 

Biaya.Bagi pengarang yang naskahnya diterima, maka diwajibkan membayar Rp. 200.000 dan akan mendapat naskah asli 2 (dua) buah dan reprint 3 (tiga) rangkap.

 

Pernyataan. Penulis wajib mengisi formulir pernyataan yeng menyatakan bahwa naskah yang dikirim bekum pernah diterbitkan atau sedang diajukan pada jurnal lain, dan hakcipta dipindahkah kepada jurnal Riau Biologia.