Open Journal Systems

PENGGUNAAN METODE LABORATORIUM MINI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 003 KOTO PERAMBAHAN

Nur Ekasiswi

Abstract


Judul penelitian ini adalah Penggunaan Metode Laboratorium Mini untuk meningkatkan
hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 003 Koto Perambahan tahun 2016. Penelitian ini
bertujuan untuk membangkitkan aktivitas dan prestasi siswa, untuk membangkitkan kerja kelompok
dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 003 Koto Perambahan.
Pelaksanaannya dilakukan di SDN 003 Koto Perambahan dengan dua siklus. Penelitian ini diobservasi
oleh satu orang observer dari guru teman sejawat, dengan berdasar pada instrumen-instrumen observasi.
Sistem penilaian didasarkan pada tiga kategori yaitu cukup, baik, amat baik. Penelitian dilaksanakan
dengan prosedur sebagai berikut: 1).Perencanaan, yaitu menetapkan materi pelajaran, menyusun Rencana
Pelajaran, menyiapkan gambar-gambar/alat peraga yang sesuai, menyusun instrument observasi dan
evaluasi. 2). Tindakan, yaitu pelaksanaan pembelajaran pendidikan matematika, yang diobservasi oleh
para observer untuk bahan refleksi. 3). Refleksi, yaitu pembahasan hasil observasi, untuk menentukan
langkah-langkah penelitian selanjutnya. 4). Tindak lanjut, yaitu tindakan dalam siklus berikutnya sesuai
dengan hasil refleksi. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 48 % atau ada 12 siswa dari 25 siswa
sudah tuntas belajar. Ketuntasan belajar pada Siklus II mencapai 96% atau ada 24 siswa dari 25 siswa
sudah tuntas belajar. Hasil Penelitian berdasarkan observasi dalam dua siklus, dapat penulis simpulkan
sebagai berikut: (1) metode laboratorium mini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa,
sehingga mereka lebih tertarik belajar pendidikan matematika. (2) Berdasarkan hasil evaluasi ternyata
model pembelajaran metode laboratorium mini dapat meningkatkan kemampuan siswa atau prestasi
siswa dalam pembelajaran pendidikan matematika.


Keywords


laboratorium mini, hasil belajar, matematika.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.